Minggu, April 14, 2024

5 Rempah Pengganti Garam untuk Darah Tinggi, Makanan Tetap Nikmat

5 Rempah Pengganti Garam untuk Darah Tinggi, Makanan Tetap Nikmat

Darah tinggi adalah salah satu penyakit yang membutuhkan perubahan pola hidup yang serius. Misalnya mengkonsumsi rempah pengganti garam untuk darah tinggi dan memeriksa tekanan darah dengan alat tensi darah digital secara rutin.

Kedua cara ini akan membantu Anda yang hidup hipertensi atau darah tinggi agar dapat terus stabil. Sebab, pemeriksaan mandiri secara rutin akan membuat Anda terus terinformasi tentang kondisi tekanan darah. Dengan demikian, Anda dapat beraktivitas dengan nyaman, sebab telah melakukan langkah-langkah perawatan hipertensi yang tepat.

5 Rempah Pengganti Garam untuk Darah Tinggi, Makanan Tetap Nikmat

Pexels

5 Rempah Pengganti Garam

Anda dapat menambahkan beberapa jenis rempah ini dalam masakan, agar rasa masakan tetap nikmat:

1. Bawang Putih

Rempah yang pertama adalah bawang putih. Ini tentu adalah jenis bawang yang selalu ada di semua dapur. Tak hanya itu, bawang putih juga hampir selalu ada pada berbagai jenis masakan.

Dalam masakan, bawang putih berperan untuk memberi rasa gurih yang segar. Tak heran, masakan dengan bawang putih akan terasa sedap.

Selain memberi rasa, bawang putih sebagai pengganti garam untuk darah tinggi juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Kandungan baik dalam jenis bawang ini, antara lain protein, vitamin C, serat, dan antioksidan.

2. Bawang Bombay

Jenis rempah yang masih bersaudara dengan rempah sebelumnya, yaitu bawang bombay. Bawang bombay memiliki cita rasa gurih pedas. Sehingga, ia berfungsi sebagai pemberi aroma dalam masakan.

Selain itu, menambahkan bawang bombay ke dalam masakan juga akan memberi tekstur renyah. Sehingga, tentu dapat menambah selera makan.

3. Oregano

Rempah yang ketiga adalah oregano. Ini adalah jenis rempah yang berasal dari daerah Asia Selatan dan Tengah. Namun, saat ini kamu dapat dengan mudah membelinya dari supermarket.

Oregano memiliki rasa yang unik. Ketika menambahkannya ke dalam masakan, kamu akan merasakan aroma manis, pahit, dan pedas sekaligus. Dengan kata lain, akan ada cita rasa sedap yang menggantikan garam.

4. Kunyit

Rempah dengan warna kuning cerah ini tidak hanya dapat memberi warna pada makanan. Namun, juga memberi rasa dan aroma sedap yang khas. Itulah sebabnya kunyit juga dapat berperan sebagai pengganti garam untuk darah tinggi.

Selain itu, rempah yang satu ini juga memiliki kandungan anti inflamasi, sehingga juga bermanfaat baik bagi kesehatan.

5. Jinten

Terakhir adalah jinten. Bumbu yang satu ini memiliki kesan pedas dan hangat. Sehingga, akan mampu memberi rasa yang kuat. Umumnya, jinten diterapkan pada masakan lauk maupun jamu.

Tetap Sehat dengan Rempah Pengganti Garam

Orang dengan hipertensi tidak perlu terlalu khawatir akan kondisinya. Sebab, tekanan darah dapat dipantau dan dikontrol. Pemantauan tekanan darah dapat menggunakan alat tensi digital. Sedangkan pengontrolan, dapat Anda lakukan dengan mengkonsumsi pengganti garam untuk darah tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *