Sabtu, Juli 13, 2024

Ingin Berkarier di Bidang Politik? Kuliah di Jurusan Ini Aja!

Ingin Berkarier di Bidang Politik

Bicara tentang dunia politik memang cukup menarik. Tidak mengherankan bila kawula muda pun mulai banyak yang tertarik dengan bidang tersebut. Namun, untuk terjun ke politik tentunya tidak cukup dengan memahami apa itu politik.

Kamu butuh banyak persiapan agar bisa menjadi politikus yang baik, salah satunya adalah dengan memilih jurusan kuliah yang tepat. Nah, berikut ini beberapa jurusan kuliah yang bisa kamu pilih bila tertarik dengan dunia politik, seperti dilansir dari Ruangguru.

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi jadi salah satu jurusan kuliah yang populer dan banyak peminatnya di Indonesia. Alasannya karena cakupan ilmu komunikasi yang begitu luas dan bisa masuk ke berbagai bidang, tak terkecuali politik. Menjadi mahasiswa ilmu komunikasi berarti kamu harus selalu update dengan isu-isu terkini dan punya wawasan yang luas.

Peluang karir lulusan Ilmu Komunikasi pun sangatlah bervariatif. Kamu bisa berkarier sebagai politikus, di bidang media, pengamat komunikasi politik, di instansi pemerintahan, public relation, dan masih banyak lagi.

2. Jurusan Ilmu Pemerintahan

Selain ilmu komunikasi, kamu bisa mengambil jurusan Ilmu Pemerintahan jika ingin terjun ke politik setelah lulus nanti. Sesuai dengan namanya, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pemerintahan.

Salah satunya adalah manajemen organisasi publik mulai dari legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Tak hanya itu, kamu juga akan mempelajari pengelolaan lembaga lain dalam pemerintahan, kemampuan public speaking, dan negosiasi.

3. Jurusan Ilmu Politik

Jurusan Ilmu Politik tentu saja masuk dalam daftar jurusan untuk kamu yang ingin berkarir sebagai politisi. Ada banyak hal yang akan dipelajari mahasiswa Ilmu Politik, salah satunya mengenai sejarah dan teori berbagai sistem politik yang ada di dunia. Tak hanya itu, mahasiswa Ilmu Politik juga harus punya kemampuan riset dan bersikap kritis dalam menyikapi isu-isu pemerintahan.

Selain kajian tentang demokrasi, kamu juga akan menemukan pembahasan lain seperti etika sosial politik, hak asasi manusia, birokrasi, hingga sistem politik selama menjadi mahasiswa jurusan ini. Fakta menariknya, jurusan ini bukan hanya untuk yang ingin terjun ke politik saja. Dilansir dari Quipper, lulusan Ilmu Politik juga cocok untuk kamu yang ingin berkarir menjadi seorangĀ  Diplomat.

4. Jurusan Hubungan Internasional

Kalau kamu tertarik dengan bidang politik antar negara, jurusan Hubungan Internasional adalah pilihan yang tepat. Kamu akan mempelajari banyak hal, seperti politik luar negeri, hubungan politik antarnegara, hingga politik regional. Mahasiswa Hubungan Internasional juga harus bisa menganalisa permasalahan ekonomi, politik, sejarah dunia, hingga perdamaian.

Jika mengambil jurusan Hubungan Internasional, kamu tak perlu khawatir soal peluang kerja. Karena lulusannya bisa jadi duta besar, politikus, staf ahli, staf kedutaan, konsultan internasional, government relations officer, hingga jurnalis.

5. Jurusan Ilmu Hukum

Siapa bilang jurusan Ilmu Hukum hanya diperuntukkan bagi yang ingin jadi pengacara dan jaksa? Nyatanya, lulusan jurusan ini juga bisa berkarir di bidang politik, lho.

Semua materi yang kamu pelajari selama menjadi mahasiswa, mulai dari perundang-undangan dan kebijakan, sangat berguna ketika terjun ke bidang politik. Pemahamanmu tentang perundang-undangan dan hukum yang berlaku di Indonesia juga bisa dijadikan bekal dalam membuat kebijakan ketika sudah jadi politisi nanti.

Menjadi politisi nyatanya butuh banyak ilmu dan wawasan yang luas. Selain itu, demi menciptakan iklim politik yang sehat, kamu juga perlu memiliki integritas agar terhindar dari tindakan tidak terpuji selama berpolitik, seperti tindakan korupsi. Guna menambah wawasan terkait politik, kebangsaan, dan sikap anti korupsi, kamu bisa mengakses informasinya pada situs ACLC KPK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *