Selasa, Juni 18, 2024

Lapor Penipuan Online Brand Impersonation

Lapor Penipuan Online Brand Impersonation

Salah satu jenis modus penipuan yang paling umum dijumpai korban adalah brand impersonation. Tentunya Anda pernah mendapatkan telepon, chat WA, kiriman link ke email, dan juga berbagai hal lainnya yang mengatasnamakan brand tertentu.

Paling sering adalah penipuan yang mengatasnamakan bank, sehingga korban bisa menjadi yakin dan akhirnya menjadi korban penipuan. Brand impersonation ini merupakan modus yang sering dijumpai dan menjadi salah satu jenis modus dengan lapor penipuan online yang banyak diterima.

Modus penipuan brand impersonation ini mempunyai tujuan agar korbannya bisa untuk memberikan data pribadi yang sifatnya sensitif. Seperti ketika mengatasnamakan bank, maka biasanya akan meminta mengenai hal yang sebenarnya tidak boleh diberikan oleh pihak lain yaitu PIN, Kode OTP yang diterima, username, dan juga berbagai hal lainnya yang sifatnya pribadi dan biasanya hanya perlu diketahui oleh pribadi.

Penipuan dengan modus brand impersonation ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan data pribadi sehingga bisa menguras rekening yang dipunyai dengan cara yang dilakukan menggunakan brand impersonation lewat sosial media, email, website phishing, dan juga bisa ditelepon secara langsung.

Mengapa korban bisa tertipu? Jawabannya adalah karena pelaku menggunakan website, email, nomor call center, serta akun sosial media yang mirip dengan akun asli dari sebuah brand. Sehingga hal ini yang membuat kadang korban yang tidak teliti bisa menjadi korban penipuan menggunakan modus brand impersonation ini, karena sekilas website dan nomor yang menghubungi korban akan sama dengan brand yang asli.

Selain itu, ketika menghubungi korban juga mempunyai langkah yang mirip seperti brand dengan memberikan pertanyaan yang meyakinkan. Penipuan dengan brand impersonation ini biasanya memberikan informasi mengenai promo, upgrade status nasabah, diskon, dan lainnya yang berusaha untuk mendapatkan informasi pribadi dari korbannya.

Lapor penipuan online dengan modus brand impersonation ini bisa dilakukan ketika sudah menjadi korban dari modus penipuan yang umumnya mempunyai tahapan berikut ini :

  • Penipu akan menghubungi korban terlebih dahulu dengan berbagai cara mulai dari lewat telepon, pesan singkat, serta juga dari media sosial.
  • Kemudian penipu akan memperkenalkan diri dari brand tertentu. Misalnya yang paling sering adalah dari sebuah bank yang memberikan informasi mengenai info perbankan. Seperti yang paling banyak digunakan adalah bisa untuk mendapatkan upgrade menjadi nasabah prioritas yang tentunya sangat menggiurkan bagi banyak nasabah.
  • Apabila korban tertarik, pelaku akan mengirimkan link yang diarahkan ke website palsu yang telah dibuat untuk mencuri data yang dipunyai nasabah.
  • Kemudian nasabah yang lengah dan tidak teliti akan mengisi data pada website palsu tersebut.
  • Dengan bekal dari informasi data sensitif yang sudah didapatkan dari website palsu tersebut maka akan digunakan untuk membobol rekening dari korban.

Brand impersonation ini bisa dihindari dengan mudah dan tidak menjadi korban dengan teliti. Seperti bagi Anda yang menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal dan mencurigakan sebaiknya tidak diangkat. Anda juga perlu untuk mengetahui kontak, website, dan juga media sosial yang asli dari brand sehingga menghindari modus penipuan yang satu ini.

Utamanya bagi nasabah bank yang menjadi sasaran paling umum untuk tindakan modus penipuan brand impersonation ini. Bagi nasabah bank BCA misalnya perlu untuk mengetahui kontak dari bank ini sehingga bisa menghindari modus penipuan yang mengatasnamakan bank BCA. Beberapa kontak asli dari bank BCA yang dipunyai yaitu :

  • Nomor telepon resmi dari bank BCA yaitu di Halo BCA 1500888.
  • Nomor WhatsApp resmi dari bank BCA yaitu 0811 1500 988 dan akan muncul centang hijau di nomor WhatsApp tersebut.
  • Email resmi dari bank BCA yaitu di [email protected].
  • Media sosial resmi dari BCA yaitu Goodlife BCA di Facebook, @goodlifebca di IG, dan @BankBCA di X yang mempunyai centang biru.

Sehingga dengan sudah mengetahui akun resmi dari bank BCA seperti di atas bisa membantu menghindari modus penipuan brand impersonation. Menghindari penipuan modus ini selanjutnya bisa dengan mengganti password secara rutin untuk keamanan dan jangan memberikan data pribadi secara sembarangan. Apabila ada yang mencurigakan, segera lapor penipuan online ke aplikasi Halo BCA atau ke nomor 1500888.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *