Selasa, Juni 18, 2024

Mekanisme Proteksi Dari Produk Asuransi Jiwa Syariah

Mekanisme Proteksi Dari Produk Asuransi Jiwa Syariah

Asuransi syariah bisa menjadi pilihan bagi yang mencari berbagai produk perlindungan yang dibutuhkan. Asuransi ini memberikan banyak pilihan produk asuransi jiwa syariah, asuransi kesehatan syariah, asuransi unit link syariah, dan juga masih banyak lainnya.

Sehingga Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dan perlindungan yang diinginkan dari produk asuransi akan tetapi mempunyai keunggulan dengan produk asuransi yang menggunakan prinsip syariah.

Produk asuransi syariah sendiri mempunyai beberapa perbedaan tentunya dengan cara kerja yang dipunyai oleh asuransi konvensional. Setiap jenis produknya mempunyai hal yang membedakannya, sehingga perbedaan yang dicari mengapa orang memilih jenis asuransi syariah tersebut.

Perbedaan yang pertama tentunya karena asuransi syariah yang perlu untuk mendapatkan izin dari MUI. Hal tersebut karena asuransi syariah menggunakan prinsip dan aturan di dalam agama Islam.

Oleh karena itulah untuk menjalankan hal tersebut, maka badan yang berwenang perlu untuk melakukan pengawasan penggunaan prinsip yang disesuaikan dengan ketentuan di dalam Islam. Hal tersebut bisa didapatkan dengan produk asuransi yang diawasi tidak hanya oleh OJK tetapi juga dari Majelis Ulama Indonesia.

Perbedaan produk asuransi jiwa syariah dan konvensional sendiri masih banyak. Mulai dari prinsip dari asuransi jiwa syariah menggunakan tolong menolong, sedangkan untuk konvensional mempunyai prinsip dari komersialisme sehingga mengejar keuntungan.

Selain itu asuransi syariah juga mempunyai surplus underwriting yang diberikan pada nasabah dan tidak untuk perusahaan sendiri karena mempunyai fungsi saling tolong menolong dan juga milik bersama.

Walaupun mempunyai beberapa perbedaan, akan tetapi untuk mekanisme proteksi asuransi jiwa syariah dan konvensional sendiri tidak mempunyai banyak perbedaan. Di mana untuk mekanisme pemberian perlindungan asuransi jiwa syariah adalah :

  1. Nasabah yang membayar premi

Ketika membeli produk asuransi penting untuk membayar preminya secara rutin. Asuransi jiwa syariah sendiri tidak mempunyai premi akan tetapi biaya kontribusi yang perlu untuk dibayarkan agar bisa mendapatkan perlindungan.

Nasabah perlu untuk membayar dana kontribusi yang nilainya bisa berbeda-beda tergantung dari jenis asuransi jiwa syariah yang dipilih, tempat membelinya, dan juga uang santunan yang bisa didapatkan. Pastikan untuk memilih dana kontribusi yang terjangkau sehingga membuat pembayarannya tidak bermasalah dan memberatkan keuangan Anda. Produk asuransi yang bisa dipilih dengan dana kontribusi yang murah contohnya adalah Flexi Life Syariah yang dimulai dari 20 ribu per bulannya.

  1. Pengajuan klaim ketika terjadi resiko

Mekanisme selanjutnya untuk mendapatkan manfaat perlindungan dari produk asuransi jiwa sistem syariah ini adalah ketika terjadinya resiko yang terlindungi produk asuransi. Ketika mengajukan klaim, pastikan untuk resiko yang terjadi termasuk ke dalam manfaat yang dipunyai asuransi jiwa syariah yang dipunyai.

Contohnya asuransi dari I Love Life dari Astra yang bisa memberikan santunan 200% ketika meninggal dunia yang disebabkan kecelakaan. Sehingga untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar tersebut bisa diajukan ketika tertanggung kecelakaan hingga meninggal dunia. Apabila terjadi hal tersebut, maka selanjutnya bisa mengajukan klaim yang mudah karena menyediakan fasilitas klaim 100% online yang dilakukan lewat website I Love Life.

  1. Pencairan dana santunan dari asuransi

Setelah pengajuan klaim maka perusahaan asuransi akan melakukan verifikasi dan juga penyelidikan dari resiko yang terjadi. Di mana apabila pengajuan klaim tersebut sudah memberikan dokumen yang lengkap dan juga data yang benar.

Hal tersebut akan lebih membantu untuk membuat proses pengajuannya menjadi lebih cepat. Proses asuransi yang klaimnya diajukan secara online juga membuatnya akan lebih cepat. Anda juga bisa melihat perkembangan klaim yang dilakukan secara online dengan mengecek progress klaim tersebut. Apabila klaim disetujui oleh pihak asuransi, maka nasabah bisa mendapatkan dana santunan yang diberikan asuransi.

Perusahaan Astra Life sendiri menjadi pilihan terbaik yang menyediakan produk asuransi jiwa syariah karena memberikan dana santunan yang besar bisa didapatkan.

Produk asuransi syariah dari I Love Life Astra mempunyai dana santunan hingga 2 miliar, sehingga dengan mengikuti mekanisme yang mudah bisa mendapatkan santunan yang nilainya besar tersebut. Beli asuransi Flexi Life Syariah sekarang juga di manapun lewat website I Love Life dari Astra. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *