Sabtu, Juli 13, 2024

Review Jujur : Lensa Kamera Samyang VDSLR 85mm T1.5 Layak Dibeli Atau Tidak

Lensa Kamera Samyang VDSLR 85mm T1.5

Dalam dunia fotografi, pemilihan lensa yang tepat adalah kunci untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Salah satu lensa yang menarik perhatikan banyak fotografer adalah Samyang VDSLR 85mm T1.5.

Lensa ini dikenal dengan kemampuan optiknya yang luar biasa dan harga yang relatif terjangkau. Simak ulasan mendalam tentang review lensa tersebut mengenai keunggulan, kekurangan, dan bagaimana lensa ini dapat meningkatkan hasil fotografi Anda.

Desain dan Kontruksi

Samyang VDSLR 85mm T1.5 lensa cine fokus manual semi-telefoto yang dirancang untuk ukuran sensor full frame. Lensa ini juga dirancang dengan fokus pada kualitas optik dan kemudahan penggunaan. Lensa ini memiliki konstruksi yang solid dan kokoh dengan bodi yang terbuat dari logam, memberikan rasa kokoh dan tahan lama. Dengan ukuran filter sekitar 7,2 cm dan berat 560-645 gram (tergantung jenis mounting), lensa ini cukup portable dan tidak terlalu berat untuk dibawa dalam perjalanan fotografi. 

Salah satu fitur menonjol dari desain lensa ini adalah cincin fokus dan aperture yang halus dan mudah dioperasikan. Cincin fokus yang lebar memberikan kontrol manual yang presisi, sangat ideal untuk videografi dan fotografi. Cincin aperture juga dirancang untuk pengaturan tanpa klik, yang memungkinkan perubahan aperture yang mulus dan tanpa suara saat merekam video.

Kinerja Optik

Lensa Samyang VDSLR 85mm T1.5 terkenal karena kinerja optiknya yang mengesankan. Dengan panjang fokus 85mm dan aperture maksimal T1.5, lensa ini mampu menghasilkan bokeh yang indah dan tajam pada subjek, sementara latar belakang tampak lembut dan kabur. Aperture besar ini juga sangat berguna dalam kondisi pencahayaan rendah, memungkinkan fotografer untuk memotret dengan ISO lebih rendah dan mengurangi noise dalam gambar.

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh lensa ini sangat tajam di tengah frame, bahkan pada aperture terbesar. Namun, ada sedikit penurunan ketajaman di sudut-sudut gambar saat digunakan pada aperture terbesar.

Hal ini bukanlah masalah besar karena sebagian besar lensa potret jarang digunakan pada aperture terbesar di seluruh frame. Selain itu, lensa ini memiliki kontrol yang baik terhadap aberasi kromatik dan distorsi, yang sering menjadi masalah pada lensa dengan aperture besar.

Penggunaan dalam Fotografi dan Videografi

Samyang VDSLR 85mm T1.5 sangat cocok untuk berbagai jenis fotografi maupun sinematografi. Panjang fokus 85mm adalah pilihan klasik untuk potret, karena memberikan perspektif yang natural dan proporsi yang menguntungkan untuk subjek manusia. Bukaan T1.5 memungkinkan fotografer untuk memisahkan subjek dari latar belakang dengan mudah, menciptakan efek bokeh yang lembut dan menarik.

Dalam videografi, lensa ini sangat diandalkan. Fokus manual yang halus dan cincin aperture tanpa klik memungkinkan transisi yang mulus antara berbagai pengaturan, yang sangat penting dalam produksi video. Selain itu, desain lensa ini kompatibel dengan berbagai sistem follow focus, yang membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk videografer profesional.

Secara keseluruhan, Samyang VDSLR 85mm T1.5 merupakan lensa yang luar biasa untuk fotografer dan videografer yang mencari kualitas optik tinggi dengan harga yang terjangkau. desain yang kokoh, kinerja optik yang mengesankan, dan fleksibilitas dalam berbagai situasi membuat lensa ini menjadi pilihan yang solid. Meskipun ada sedikit penurunan ketajaman di sudut-sudut gambar pada aperture terbesar, keunggulan lensa ini jauh melebihi kekurangan kecil tersebut.

Apabila Anda mencari lensa potret yang mampu menghasilkan gambar tajam bokeh yang indah, serta fleksibel untuk digunakan dalam videografi, lensa Samyang VDSLR 85mm T1.5 adalah pilihan yang patut dipertimbangkan. 

Lensa ini akan menjadi tambahan yang berharga untuk peralatan fotografi Anda, membantu Anda menghasilkan karya yang menakjubkan di berbagai situasi pemotretan. Segera dapatkan lensa Samyang ini hanya di Motomuvi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *