Selasa, Juni 18, 2024

Syarat KPR Rumah: Langkah Pengajuan Kredit Hunian Baru Maupun Second Terbaru 2023

Syarat KPR Rumah

Harga rumah yang tidak murah membuat Anda tidak bisa membeli secara sembarangan apalagi tanpa pertimbangan. Dimana ini membuat sebagian orang akhirnya tidak bisa membayar secara tunai dalam sekali waktu. Untungnya memang saat ini sudah ada fasilitas KPR yang dimana bank bisa dimanfaatkan untuk proses angsuran hunian. Baik rumah baru ataupun lama, bisa dimanfaatkan sebagai usaha segera mendapatkan tempat tinggal idaman. Lalu, seperti apa syarat KPR rumah itu bisa dilakukan?

 

Jika Anda masuk artikel ini, mungkin Anda sedang dalam fase ingin membeli rumah tetapi kesulitan untuk bayar tunai. Namun, jika tertarik untuk membeli secara kredit tetap tidak bisa sembarangan pengajuan begitu saja. Anda harus faham mana yang termasuk dalam syarat dan ketentuan supaya proses berjalan dengan lancar. Seperti, ada beberapa syarat utama terbaru dalam pengajuan cicilan rumah seperti berikut ini:

Syarat KPR Rumah

  1. Syarat untuk perorangan.

Sudah bukan menjadi hal yang sulit ketika perorangan ingin mengajukan KPR, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa dokumen penting saja. Misalnya saja identitas diri, bukti kemampuan finansial dan lainnya. Sebagai syarat umum perlu adanya fotocopy KTP, fotocopy suami istri, fotocopy surat nikah atau cerai, fotocopy NPWP, slip gaji atau surat keterangan mengenai penghasilan setidaknya 1 bulan terakhir, fotocopy rekening koran, rekomendasi perusahaan.

 

  1. Syarat untuk badan usaha.

Kesempatan yang sama juga dimiliki oleh badan usaha, yang mana harus memenuhi beberapa syarat utama seperti adanya fotocopy KTP pemohon, fotocopy suami istri, fotocopy kartu keluarga, fotocopy NPWP, fotocopy SIUP, fotocopy akta pendirian perusahaan, fotocopy rekening koran sampai dengan surat pernyataan resmi kredit dilakukan.

 

Pada dasarnya syarat KPR rumah itu berfokus pada beberapa dokumen penting diri saja, setidaknya identitas diri Anda. Namun dalam prakteknya, hal itu sering sekali menimbulkan masalah bahkan ada pula yang ditolak karena dokumen yang kurang lengkap. Maka, jangan sekali-kali Anda menyepelekan apalagi masalah dokumen. Ditambah untuk memperlancar prosesnya, Anda perlu pula mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pengajuan.

 

Agar bisa segera mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan hunian, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

 

  1. Tentukan hunian yang akan dibeli.

Pertama mulai untuk menentukan terlebih dahulu mana rumah yang akan dibeli, ini tentu akan berimbas pada proses KPR. Untuk mendapatkan yang paling tepat, bisa lakukan survey terlebih dahulu. Pilih yang paling sesuai baik dari lokasi, model, kondisi dan harga yang ditawarkan dari pengembang.

 

  1. Cek informasi detail.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan informasi penting apa saja dari rumah yang akan dibeli tersebut. Mulai dari harga, biaya lingkungan, sistem cicilan, uang muka, uang angsuran sampai dengan bunga yang diwajibkan. Perhatikan pula mengenai fasilitas yang ditawarkan, apakah memang sudah sesuai atau tidak.

 

  1. Bayar uang untuk booking.

Jika sudah mendapatkan informasi secara lengkap mengenai rumah, tentu lanjutkan dengan booking. Meskipun umumnya setiap developer memiliki aturan berbeda mengenai uang tanda jadi, tetapi harus Anda tanyakan detail lagi. Apakah memang perlu untuk dilakukan sebagai persyaratan atau justru hal lainnya.

 

  1. Pengajuan KPR pada pihak bank.

Dilanjutkan dengan pengajuan KPR pada pihak bank, umumnya proses ini akan dibantu oleh pihak developer. Namun memang ada beberapa pengembang yang tidak bekerjasama dengan bank pilihan, jadi harus lakukan sendiri. Ada baiknya memang pilih yang sudah berpatner sehingga lebih mudah dan praktis dilakukan.

 

  1. Lengkapi syarat.

Dalam pengajuan umumnya masih ada beberapa persyaratan penting lainnya, meskipun tidak semua bank sama. Tetapi ada baiknya untuk melengkapi apapun yang menjadi syarat supaya berimbas pada kelancaran proses pengajuan yang dilakukan.

 

Bagaimana, syarat KPR rumah mudah bukan? BCA menjadi salah satu bank yang memberikan penawaran menari untuk banyak masyarakat. Sudah melakukan kerjasama dengan banyak developer yang akan memberikan kemudahan Anda memilih hunian tepatnya. Mulai dari yang murah hingga tinggi tetap dengan bunga ringan. Penasaran seperti apa produk KPR BCA, yuk cek sekarang juga dan langsung ajukan di https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/pinjaman/KPR/KPR-First.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *